dalam Ngeblog

Beberapa hari yang lalu aku sempat memposting mengenai Migrasi Server yang aku lakukan. Ya, bukan karena aku bosan dengan Github Page atau layanan hosting dari provider tertentu. Aku memutuskan untuk mengudarakan blog ini menggunakan Virtual Private Server (VPS) dikarenakan dengan VPS tentunya aku juga dapat berekesperimen sesuai keinginanku walaupun harga yang ditawarkan lebih mahal daripada aku menyewa hosting.

Pada artikel kali ini aku akan membahas mengenai pengalamanku membeli server di Digital Ocean dan tenang saja pembahasan mengenai VPS ini akan aku kupas sampai habis tentunya terkait eksperimen (oprek) apa saja yang pernah aku lakukan dengan serverku ini. Bagi kamu yang sekarang sedang mencari VPS yang tepat untuk belajar atau untuk usaha online maupun blogmu, aku sarankan untuk menggunakanDigital Ocean karena harganya yang relatif murah untuk Cloud dan hardware yang mumpuni dimana telah menggunakan SSD.

Oh ya sebelum melangkah terlalu jauh, Digital Ocean menyajikan Cloud Server jadi bagi kamu yang belum terlalu paham apa bedanya Cloud Server dan VPS tunggu ulasan selanjutnya.

Register

register-digitaloceanRegister Digital Ocean

Untuk dapat menikmati layanan Digital Ocean kamu dapat mendaftar melalui halaman utama di digitalocean.com cukup dengan mengisikan email dan password. Kamu juga akan mendapatkan email notifikasi yang bisa kamu cek melalui email yang kamu daftarkan tadi.

Update Billing Method

Nah setelah proses pembayaran selesai kamu diwajibkan untuk menambahkan metode pembayaran untuk akunmu tersebut. Disini ada dua jenis metode yang dapat kamu gunakan yaitu dengan menggunakan Kartu Kredit ataupun Paypal. Tentunya Kartu Kredit dan Paypal tersebut harus valid dan pastikan ada saldo yang dapat kamu gunakan. Aku sendiri menggunakan paypal untuk bertransaksi di Digital Ocean . Setelah proses penambahan metode pembayaran kamu dapat mencoba memasukkan kode ACTIVE10 di bawah metode pembayaranmu. Kamu akan mendapatkan credit sebesar $10. Lumayan bukan cukup bagi kamu yang membeli Cloud Server seharga $5. Hitung – hitung gratis selama dua bulan.

Create Droplet

Langkah selanjutnya setelah menambahkan metode pembayaran kamu dapat membuat droplet. Droplet disini merupakan Cloud Server yang akan kamu gunakan. Kamu cukup memilih tombol Create Droplet maka tampilan form baru akan terbuka.

create dropletCreate Droplet Digital Ocean

Kamu dapat mengisi form tersebut sesuai dengan kebutuhanmu seperti pemilihan lokasi server. Jika kebanyakan pengunjung dari servermu berlokasi di Asia sebaiknya menggunakan server yang berlokasi Singapore karena pastinya akan lebih cepat. Pembuatan droplet ini sama dengan gambar diatas setelah selesai hanya perlu menunggu selama 60 Detik server yang kamu buat akan bisa digunakan sesuai dengan apa yang kamu pilih.

Nah cukup mudah bukan ? untuk membeli Cloud Server di Digital Ocean.

Oh ya ada tawaran menarik juga bagi kamu yang suka belanja dan tentunya dengan harga yang terjangkau! Kamu dapat belanja kebutuhan Fashionmu di ZALORA Indonesia. Kebetulan ada momen menarik yaitu Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas di ZALORA) . Dapatkan penawaran paling menarik hanya di ZALORA Indonesia !

Semoga bermanfaat 🙂

Bagikan artikel di :

Tulis Komentar

Komentar