dalam Cerita, Ngeblog

Sepertinya kurang lebih sudah hampir 9 tahun aku meninggalkan bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Ya sejak SMP seperti di beberapa tulisanku sebelum-sebelumnya, aku merupakan orang yang paling suka berbicara di depan orang banyak. Singkat cerita, hal ini muncul ketika aku berada di bangku SMP. Masih ingat betul dulu waktu SMP aku merupakan anak yang kurus, hitam, dan pendiam šŸ˜€ Oh ya, SMP ku yang berada di tengah kota menjadikanku harus pulang pergi dari rumah ke tengah kota. Mungkin itu salah satu faktor kenapa dulu aku merupakan anak paling hitam di kelas. hehe Tapi, di artikelku kali ini aku tidak akan membahas soal hal tersebut.

Seleksi…

Kembali ke pokok bahasan. Dulu waktu SMP kebetulan SMP ku sedang mengadakan suatu program khusus. Ya nama program atau ekstrakurikuler tersebut merupakan SNEGA FM. SNEGA FM merupakan radio yang diprakarsai oleh SMP ku waktu itu. Entah momennya yang pas atau ada angin lewat apa, aku mendaftar di kegiatan tersebut. Pas waktu itu aku kelas 7 SMP dan radio tersebut masih awal-awal buka. Kemudian aku mengikuti seleksi penyiar radio tersebut, ternyata antusias teman-temanku lumayan banyak untuk menjadi penyiar di SNEGA FM! Entah bagaimana awalnya, ternyata aku diterima menjadi salah satu penyiar di SNEGA FM.

Namaku “DAVID”

Setelah dinyatakan lolos, aku mengikuti beberapa pelatihan terkait profesiku tersebut šŸ˜€ . Mulai dari pengenalan alat-alat siaran sepertiĀ mixer, headphone, komputer beserta programnya, dan tentunya cara berbicara ketika siaran yang baik dan benar. Dan satu lagi, ketika menjadi penyiar kami disarankan untuk memiliki nama panggung atau nama yang kami gunakan ketika kami mulai mengudara. Dengan gampang aku memilihi nama “DAVID” alasannyaĀ simple karena menurutku nama itu lumayan familiar. Kebayang bukan dari andhika berubah jadi david šŸ˜€ hehe.Ā Selama 3 tahun aku menjadi penyiar radio di SNEGA FM dan ternyata sangat banyak pengalaman yang aku dapatkan. Selain menjadi penyiar radio aku juga sempat menjadi reporter, pembawa acara perpisahan, pembawa acara event-event seperti pensi dan kegiatan sekolah, dan sampai sekarang pun aku juga masih sempat beberapa kali menjadi pembawa acara di event-event tertentu.

ON AIR (LAGI)

Bersama mbak Anne dan Pak Agus Dwi Churniawan

Bersama mbak Anne dan Pak Agus Dwi Churniawan

Setelah hampir 7 tahun vakum dari kegiatan tersebut. Pada hari rabu (29/03/2016) kemarin aku kembali mengudara. Ya bedanya jika dulu aku menjadi penyiar, sekarang aku menjadi narasumber dan tentunya aku tidak memakai nama “DAVID” lagi hehe. Kebetulan kampusku lebih tepatnya prodiku yaitu Sistem Informasi diundang untuk menyampaikan salah satu materi berkaitan dengan teknologi di radio PRO 2 FM Surabaya. Bersama dengan dosenku bapak Agus Dwi Churniawan yang merupakan dosen pemrograman sekaligusĀ founderĀ  dari Les Privat Mobile kami berbincang-bincang mengenai perkembangan teknologi dan peluangĀ startup di Indonesia. Acara tersebut berlangsung kurang lebih selama satu jam, ditemani oleh mbak Anne selaku penyiar di acara Pro Techno tersebut.

KODING!

Beberapa bahasan ringan kami sampaikan pada acara tersebut mulai dari bagaimana kami mengembangkan aplikasi, animo masyarakat terhadap aplikasi buatan kami hingga harapan apa yang ingin kami sampaikan. Keseluruhan tersebut tidak lepas dari permasalahan yang ada di masyarakat sendiri. Dari sisiĀ pembuatan aplikasi tentunya kami selalu melakukan riset baik dari segi performa, kemudahan, umpan balik user dan mungkin beberapa fitur yang perlu ditambahkan agar produk atau aplikasi yang dibuat lebih keren! šŸ˜Ž Jadi bisa dibilang bahwa aplikasi terutamaĀ startup tidak hanya berkutat dengan koding akan tetapi juga sudah merambah ke aspek pemasaran, manajemen, dan tentunya operasional. Tanpa itu semua, rasanya aplikasi atau produk yang dipasarkan atau ditawarkan hanyalah sebuah deretan kode yang tidak memiliki nilai jual.

Dalam acara tersebut aku juga membahas tentang Groceria Indonesia. Groceria Indonesia merupakan aplikasi mobile untuk memudahkan masyarakat berbelanja di pasar tradisional hanya dengan menggunakanĀ smartphone. Beberapa informasi yang aku sampaikan antara lain visi misi dari Groceria Indonesia, layanan yang ditawarkan dan tentunya sampai dengan keunggulan apa yang dimiliki oleh Groceria Indonesia dibandingkan denganĀ startup sejenis.

Secara keseluruhan, acara Pro Techno sangatlah menarik terlebih yang dibahas merupakan hal-hal yang berkaitan dengan teknologi. Harapannya, cintailah produk-produk indonesia! Udah, itu aja jangan banyak-banyak šŸ˜†

Oh ya, jangan lupa download aplikasi Groceria Indonesia dan Les Privat Mobile ya!

Groceria
Groceria
Price: Free
LES PRIVAT
LES PRIVAT
Price: Free
Bagikan artikel di :

Tulis Komentar

Komentar