dalam Ngeblog, Pemrograman

Beralih Menjadi Ubuntu 14.04.1 LTS

Setelah sekian lama (Beberapa hari sebenernya sih 😀 ) saya tidak membuat postingan, akhirnya di hari ini saya kembali membuat sebuah postingan. Postingan saya pada kali ini adalah tentang Linux Ubuntu 14.04.1 LTS. Sebelumnya saya nggak berniat untuk install Linux Ubuntu (lagi) akan tetapi setelah saya baca beberapa artikel tentang seorang developer web. Saya tersadar bahwa sudah saatnya saya (developer web) harus menggunakan karya / aplikasi orang lain yang memang open source tanpa adanya crack.

Sebenernya dari OS sebelumnya (windows) yang saya gunakan telah menggunakan MSDN AA tetapi beberapa fitur menurut saya kurang greget ketika tidak memakai linux. Kebanyakan hosting yang saya pakai untuk website, servernya menggunakan linux. Oleh sebab itulah saya mulai berfikir, oh iya kenapa saya nggak pakek linux sekalian ya ? Padahal saya sering berinteraksi di linux untuk keperluan kerja.

Sampai akhirnya saya putuskanlah untuk menggunakan Linux Ubuntu 14.04.1 LTS. Kenapa saya menggunakan versi ini ? Selain ini juga merupakan salah satu versi terbaru walaupun ada yang lebih baru yaitu Linux Ubuntu 14.10 akan tetapi pada versi sebelumnya ini ada sebuah embel – embel LTS atau Long Term Support, yaitu support langsung dari pihak developer selama 3 Tahun dan 5 Tahun untuk ubuntu server. Sedangkan untuk versi non-LTS support yang diberikan hanya berkisar 18 Bulan dan katanya sih kurang stabil. Jadi buat kawan – kawan yang ingin menggunakan Linux Ubuntu bisa dicoba nih versi terbarunya Ubuntu 14.04.1 LTS.

Saat dulu saya pertama kali install Linux saya berfikiran, wahh pasti banyak yang nggak support nih software – softwarenya. Eiitss jangan salah, di versi terbaru ini hampir semua bisa dijalankan lewat ubuntu. Untuk aplikasi Office saya menggunakan LibreOffice  yang sudah terinstall di dalamnya. Untuk aplikasi pengolahan gambar saya menggunakan 2 software favorit saya yaitu GIMP Image Editor dan Inkscape Vector Graphics Editor. Menurut saya ketiga aplikasi tersebut sudah sangat menunjang kegiatan perkantoran atau perkuliahan kok.

Selain itu karena saya seorang developer web, saya menggunakan beberapa aplikasi yang berjalan di sisi server antara lain : apache, php5, phpmyadmin, mysql. Sedangkan untuk developnya sendiri saya menggunakan Sublime Text 3 dengan berbagai macam plugin yang menarik, dan untuk upload file ke hosting saya menggunakan FileZilla. Tak kalah menarik browser yang saya gunakan adalah Firefox Developer Edition  yang merupakan browser untuk kegiatan develop sebuah website.

Sampai saat ini semua tools diatas sangat menunjang kegiatan saya, selain itu tampilan ubuntu yang menawan menjadikan saya betah untuk menggunakannya 😀

Oke, tidak ada alasan lagi kan untuk menghargai pembuat software yang telah mendistribusikan karyanya ? Saran saya, hargai developer aplikasi / software dengan tidak menggunakan versi crack tapi gunakanlah versi berlicensi, mengingat membuat sebuah software tidaklah mudah dan bayangkan saja ketika kita berada diposisi si developer tersebut bagaimana rasanya ? 🙁

Baik, cukup sekian sharing saya. Terima Kasih 🙂

Bagikan artikel di :

Tulis Komentar

Komentar

Webmentions

  • Ubuntu 15.04 Vivid Vervet | Andhika Maheva Wicaksono

    […] masih disupport oleh Canonical hal ini terkait dari performa yang ada. Nah di artikel sebelumnya Beralih Menjadi Ubuntu 14.04.1 LTS tentang penggunaan ubuntu versi 14.04 LTS yang merupakan versi ubuntu dimana versi ini merupakan […]