dalam Ngeblog, Server Management


Sempat beberapa saat yang lalu aku membaca postingan di Facebook mengenai HTTP/2. Iseng-iseng akhirnya aku cari apa itu HTTP/2 dan keuntungan apa yang didapatkan ketika menggunakan protocol tersebut dibandingkan dengan HTTP 1.1.

Setelah Googling beberapa saat akhirnya aku menemukan beberapa ulasan mengenai penggunaan HTTP/2. Oke, mari kita simak bersama!

Seperti di artikelku sebelumnya yang membahas soal server management bahwasanya HTTP merupakan kependekan dari  Hypertext Transfer Protocol atau yang biasa kita kenal dengan singkatan HTTP. Nah, bagi kamu yang mungkin belajar mengenai internet, pasti tidak asing lagi dengan istilah tersebut bukan ?

HTTP ini secara general merupakan sebuah protocol standar yang digunakan pada dunia website lebih spesifik lagi yaitu pada saat kita menggunakan aplikasi browser protocol inilah yang digunakan dan menjadi dasar komunikasi data sehingga dapat menampilkan sebuah halaman. Jadi ketika kamu mengakses blogku ini, kamu juga telah menggunakan protocol HTTP lebih spesifiknya HTTPS dan sudah merupakan versi /2 bukan lagi versi 1.1. Keren bukan ? 😀

Keunggulan HTTP/2 ?

Dari refrensi yang aku baca terdapat beberapa keunggulan ataupun manfaat ketika kita menggunakan HTTP/2, antara lain :

  • Mempercepat loading web
  • Menghemat resources di server dan client
  • Koneksi HTTPS berjalan lebih cepat dan lebih aman
  • Memberi kontrol untuk memprioritaskan object yang akan di load terlebih dahulu pada sebuah website
  • Tentunya lebih canggih jika dibanding dengan protocol sebelumnya

Aktifasi di Apache Ubuntu 16.04

Nah, karena tergiur juga dengan teknologi yang lumayan baru ini. Akhirnya aku sempat mencoba untuk menggunakan HTTP/2 di server andhikamaheva.com. Berikut ini tutorial singkatnya .

1. Update Apache

HTTP/2 atau module HTTP/2 dapat dijalankan pada Apache versi terbaru. Oleh sebab itu gunakan Apache versi terbaru atau mulai upgrade Apache mu ke versi terbaru. Oh ya, HTTP/2 dapat digunakan oleh Apache versi >= 2.4.17.

Jalankan perintah tersebut pada Terminal Ubuntu mu. Perintah tersebut berfungsi untuk melakukan pemasangan python-software-properties dan penambahan PPA repository. Selain itu perintah tersebut juga melakukan update pada cache package yang ada di server sekaligus menginstall Apache versi terbaru.

2. Cek Versi Apache

Setelah proses install atau update berhasil dilakukan. Cek apakah versi Apache mu telah berubah dengan perintah :

Jika proses instalasi berhasil maka versi Apache mu akan berubah menjadi versi terbaru.

3. Aktifasi mod HTTP/2

Langkah selanjutnya yaitu mengaktifkan HTTP/2 di Apache. Untuk dapat mengaktifkan mod HTTP/2 kamu dapat menjalankan perintah berikut :

Perintah tersebut akan mengaktifkan mod http2 dan melakukan restart pada server Apache.

Oh ya, dari refrensi yang aku baca mod http2 ini dapat berlajan pada server yang menggunakan SSL/TLS. Jadi pastikan server mu telah terinstall SSL/TLS. Karena memang dari awal aku menggunakan SSL/TLS maka aku dapat menggunakan mod ini.

Setelah semua beres tambahkan perintah Protocols h2 http/1.1 pada settingan VirtualHost yang ada di /etc/apache2/sites-available tepat di bawah perintah ServerName. Oke Sudah ?

4. Test HTTP/2

Semua proses mengaktifkan HTTP/2 telah dilakukan. Sekarang saatnya kamu mencoba melakukan tes apakah website mu telah support HTTP/2. Tes dapat dilakukan dengan menggunakan website https://tools.keycdn.com/http2-test dan kemudian masukkan alamat dari webmu. Jika website mu telah support HTTP/2 makan akan muncul tampilan seperti berikut :

Hasil Tes HTTP/2 andhikamaheva.com

Hasil Tes HTTP/2 andhikamaheva.com

 

Yap, selamat! Sampai sini website mu telah resmi menggunakan HTTP/2. Semoga lebih cepat ya!

 

Featured Image : https://www.siteground.com

Refrensi :

Bagikan artikel di :

Tulis Komentar

0 Komentar

Webmentions