Cara install java di ubuntu linux

dalam Java, Pemrograman

Cara Menginstall Java di Ubuntu Linux

Setelah rekan – rekan membaca artikel saya tentang Belajar Bahasa Pemrograman Java : Introduce . Selanjutnya rekan – rekan dapat meneruskan pembahasan dari pemrograman java di artikel ini.
Di artikel ini berisi tata cara menginstall java dalam hal ini saya menggunakan JDK (Java Development Kit) yang merupakan paket java untuk developer atau programmer yang ingin membuat suatu program dari java.
Untuk Operationg System, saya menggunakan Ubuntu 14.04.2 LTS 64 bit. Selain itu saya juga menggunakan java versi 8 dimana didalamnya telah terdapat paket JRE (Java Runtime Environment) Untuk installasinya pun cukup mudah dengan hanya  menambahkan PPA repository ke dalam pc / laptop kita paket akan terinstall secara full. Berikut ini tahapan menginstall Java di Linux Ubuntu :

1. Add PPA dan Install Java

Buka terminal Anda, dan tambahkan PPA repository dan kemudian install java

Tunggu beberapa saat, oh iya jangan lupa proses ini membutuhkan koneksi internet  karena kita harus mendownload dependencies yang ada jadi usahakan saat menginstallnya Anda terhubung dengan jaringan internet. 😀

2. Cek Versi Java

Jika proses installasi sudah dirasa selesai, Anda bisa cek apakah java berhasil diinstall 100% dengan melihat versi dari java dengan perintah :

Dan lihat versi dari java yang telah terinstall di laptop / pc Anda.

3. Setting Java Environment

Untuk menghindari kesalahan dan agar java dapat dijalankan dengan lancar, Anda harus mengatur environment dari java. Setting java environment dapat dilakukan dengan perintah :

Nah sampai disini proses installasi telah selesai dan java yang telah terinstall dapat digunakan langsung.

Baik, tunggu ulasan lainnya yang lebih dalam untuk bahasa pemrograman java 🙂

 

Bagikan artikel di :

Tulis Komentar

Komentar