dalam Ngeblog, Pemrograman

Git yang merupakan sebuah aplikasi version controlling yang sepertinya memang harus digunakan oleh para pengembang perangkat lunak, maupun calon pengembang perangkat lunak (mahasiswa TI dan serumpun). Kenapa ? Selain memudahkan para pengembang untuk melakukan pengecekan terhadap perkembangan perangkat lunak yang dibuat Git juga dapat digunakan sebagai backup terhadap data yang sedang dikembangkan tersebut.

Serius ??? Ya mungkin beberapa minggu yang lalu jika aku tidak rajin menyimpan data project ku di Git bisa jadi beberapa project yang sedang aku tangani ludes tak tersisa suatu apapun. Kisah tersebut bermula ketika aku berangkat kerja, kebetulan pagi hari sewaktu aku berangkat kerja langit terlihat sangat mendung. Dan benar saja, ditengah jalan hujan turun dengan begitu derasnya. Seperti pengendara motor lainnya, aku memakai mantel dan parasut untuk tasku. Sesampainya dikantor, ketika aku mencoba menyalakan laptopku tersebut. Ternyata laptopku sudah tidak bisa menyala, terlihat beberapa tetes air keluar dari dalam laptopku tersebut ditambah laptopku yang tidak pernah di shut down alias hanya di suspend. Cocok! Semua dataku berada dilaptop tersebut, tapi untunglah beberapa file telah aku backup sebelum terjadi musibah tersebut. Setelah aku usut, ternyata masalah disebabkan oleh kebocoran pada parasut tasku yang mulai rusak.

Alhasil laptop tersebut langsung aku larikan ke teknisi kantorku dan dari hasil investigasi terdapat beberapa komponen yang harus diganti karena mengalami konsleting. Nahas, seharusnya laptop atau barang elektronik yang terkena air tidak langsung dinyalakan akan tetapi dikeringkan terlebih dahulu dan pelajaran berharga lainnya adalah shut down dan rajinlah backup setiap data yang kita miliki!

Untungnya beberapa project telah aku unggah di beberapa akun Git mulai dari Git di server development, Github sampai dengan Bitbucket. Namun tetap saja database dari project-project tersebut belum sempat aku push ke dalam repository dan pada akhirnya aku harus merancang database tersebut dari awal.

Itulah mengapa kamu (software developer, programmer, software engineer dan segala macam yang berkaitan dengan pengembang perangkat lunak) seharusnya mengunggah hasil kerjaanmu ke dalam suatu backup dalam hal ini adalah repository version controlling. Percaya deh, nggak ada ruginya! Dan kebanyakan perusahaan sekarang mencantumkan persyaratan menguasai Git untuk melamar posisi pengembang perangkat lunak. Oh ya, lalu bagaimana nasib laptopku sekarang ? Bagaimaan aku bekerja ? Aku beli baru, ya beli baru!

Install Git di Ubuntu

Sesuai judul artikel ini aku akan menjelaskan tahapan dalam menginstall Git di Ubuntu lebih tepatnya menggunakan Ubuntu 16.04. Sebenarnya cara untuk menginstall Git sendiri sangatlah mudah. Kamu cukup membuka terminal dan menjalankan perintah berikut :

Secara otomatis maka Git akan terinstall di komputer kamu. Untuk menggunakannya ? Tunggu artikel selanjutnya tentang cara menggunakan Git untuk meningkatkan performa kamu dalam mengembangkan perangkat lunak. Yang pasti saranku kamu harus install Git mulai dari sekarang!

Semoga bermanfaat…

 

Bagikan artikel di :

Tulis Komentar

Komentar

Webmentions

  • Andhika Maheva Wicaksono mentioned this Article on andhikamaheva.com.

  • This Article was mentioned on andhikamaheva.com