dalam Cerita, Ngeblog, Sponsor

Bagi wisatawan yang suka jalan-jalan, Cirebon bisa menjadi alternatif pilihan baru bagi Anda. Kota yang terletak di Pantai Utara Jawa ini sangat cocok dijadikan tujuan berlibur Anda dan keluarga. Cirebon selama ini lebih dikenal sebagai kota penghasil batik. Salah satu batik yang paling terkenal dari Kota Cirebon bernama motif mega mendung. Keragaman batik Cirebon sudah terkenal baik dari dalam maupun luar negeri.

Cirebon berada pada posisi yang sangat strategis. Kota ini bisa diakses melalui kereta api dari arah Jakarta dengan tujuan Semarang dan Yogyakarta. Begitu juga bagi bis dan mobil pribadi dari Jakarta tujuan Jawa Tengah, pasti akan melewati wilayah Cirebon. Selain itu, Cirebon memiliki fasilitas pendukung seperti hotel dan fasilitas publik lainnya. Keberadaan penginapan ini sangat membantu Anda yang ingin berlibur ke Cirebon. Anda bisa pesan hotel ini di Traveloka.

Fasilitas hotel mewah di Cirebon (arramuse.wordpress.com)

Fasilitas hotel mewah di Cirebon (arramuse.wordpress.com)

Kota Cirebon dapat Anda akses dengan jarak 130 km dari Kota Bandung dan sekitar 260 km dari Kota Jakarta. Kota ini menjadi penghubung utama antara provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah. Sebagian besar daerah di Cirebon didominasi oleh wilayah daratan. Hanya sebagian kecil daerahnya saja yang menjadi wilayah perbukitan. Kota ini pun dialiri oleh beberapa sungai terkenal seperti sungai Sukalila, sungai Kalijaga, sungai Kesunean dan sungai Kedung Pane.

Saat ini, Cirebon menjadi kota utama ketiga di Jawa Barat setelah Bandung dan Bekasi. Keberagaman wisata di Cirebon menjadi salah satu keunggulan kota ini. Cirebon memiliki kelebihan lain dibanding kota lain karena memiliki pelabuhan laut yang selalu ramai dikunjungi pendatang. Seringkali pelabuhan ini dijadikan tempat untuk berbisnis maupun untuk berlibur bersama keluarga. Oleh sebab itulah, dulunya Cirebon menjadi tempat pertemuan berbagai suku bangsa di Indonesia.

Sejak beberapa abad silam, Cirebon telah menjadi tempat persinggahan penting di Pulau Jawa. Berbagai suku bangsa seperti Jawa, Sunda, Arab, China dan Eropa berpadu menjadi komunitas masyarakat baru di Cirebon. Itulah yang membuat bahasa daerah di Cirebon mempunyai keunikan tersendiri. Masyarakat di daerah ini menggunakan bahasa Cirebon sebagai alat komunikasi. Kosa kata yang diserap ke bahasa Cirebon sendiri berasal dari campuran bahasa Sunda, Jawa dan Eropa.

Gapura selamat datang Cirebon (beritahati.com)

Gapura selamat datang Cirebon (beritahati.com)

Perpaduan berbagai suku bangsa ini menjadi kelebihan tersendiri bagi kota Cirebon. Hal ini terlihat dari pertunjukan khas Cirebon yang tercipta. Beberapa pertunjukan khas Cirebon yang sering ditampilkan adalah Tari Topeng Cirebon, Tarling, Sandiwara Cirebonan, Sintren, dan Kesenian Gembyung. Selain berbagai seni pertunjukan, Cirebon pun memiliki beberapa kerajinan khas daerah seperti topeng Cirebon, bunga rotan, lukisan kaca dan batik Cirebon.

Cirebon memiliki banyak pilihan objek wisata yang bisa dikunjungi. Untuk objek wisata sejarah, Anda bisa mengunjungi Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Masjid At-Taqwa, dan Komplek Makam Sunan Gunung Jati yang berada di Gunung Sembung. Selain itu, Anda bisa berkunjung ke beberapa taman yang ada di Cirebon seperti Taman Ade Irma Suryani dan Taman Air Sunyaragi. Berikut adalah beberapa pembahasan tentang objek wisata menarik di Kota Cirebon :

Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan dibangun pada tahun 1529 oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II. Keraton ini menjadi bangunan keraton kesultanan pertama yang ada di Kota Cirebon. Meskipun begitu, bangunan ini masih tampak megah dan terawat dengan baik. Dulunya keraton ini bernama Keraton Pakungwati, yang merupakan gelar yang dimiliki oleh Pangeran Mas Mochammad Arifin II.

Ketika Anda ingin memasuki kawasan keraton, Anda akan disambut oleh dua patung macan putih. Hal ini menandakan bahwa Kesutanan Cirebon adalah penerus dari Kerajaan Padjadjaran yang pernah berkuasa ketika itu. Sebelum menjadi Kesultanan Islam, dahulunya Kesultanan Cirebon memiliki pengaruh agama Hindu yang kuat.

Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman Sari Gua Sunyaragi berada di jalan Brigjen Dharsono, Kelurahan Sunyaragi, Cirebon. Taman ini memiliki area seluar 1,5 hektar. Taman ini dulunya digunakan oleh keluarga raja untuk mencari ketenangan. Taman ini didirikan oleh Pangeran Arya Carbon pada tahun 1703. Taman ini memiliki area taman air yang memiliki teknologi pengaliran air paling canggih pada zamannya.

Keindahan Taman Sari Gua Sunyaragi (anekatempatwisata.com)

Keindahan Taman Sari Gua Sunyaragi (anekatempatwisata.com)

Kampung Batik Trusmi

Batik sudah menjadi ikon tersendiri bagi Kota Cirebon. Oleh sebab itu, Cirebon memiliki kawasan pengembangan batik yang sangat terkenal bernama Kampung Batik Trusmi. Kampung ini berada di Kecamatan Plered, Cirebon. Selain motif batik mega mendung, Anda bisa membeli batik pesisir dan batik keraton. Anda dapat melihat-lihat berbagai jenis produksi Batik Cirebonan, seperti batik cap, batik tulis, maupun kombinasi batik tulis dan cap.

Kampung Batik Trusmi selalu ramai dikunjungi wisatawan. Di kampung ini, Anda dapat membeli berbagai jenis batik dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang bagus. Bahkan, batik Cirebonan dari kampung Trusmi ini sudah menembus pasar ekspor. Selain itu, tersedia juga berbagai jenis souvenir unik yang bisa Anda bawa pulang.

Itulah beberapa tempat wisata di Cirebon yang dapat Anda kunjungi. Segera berkemas dan berlibur ke Cirebon!

Bagikan artikel di :

Tulis Komentar

Komentar