dalam Cerita, Ngeblog

Waktu berjalan begitu cepat, rasanya baru kemarin aku dan teman-temanku menentukan kemana kami akan melanjutkan jenjang studi. Pada akhirnya, keputusan tersebut jatuh pada sebuah kampus IT di kota Surabaya. Tidak ada yang salah memang, di lain sisi aku yang hobby dengan komputer masuk di perguruan tinggi yang berbau IT.

Singkat cerita, awal masuk kuliah merupakan awal yang begitu berat. Selain jurusanku di SMA merupakan jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tekanan dari luar tentang jurusan IPS akan susah memahami hal-hal yang berbagu logic semakin membuatku minder karenanya.

Semester 1 kulalui dengan gembira selayaknya Mahasiswa Baru (MABA) yang pertama kali menginjakkan kampus dan menyandang gelar paling keren yaitu MAHASISWA. Hingga akhirnya sekarang (2016) aku sudah berada di semester 6 yang bisa dibilang merupakan semester tua untuk jenjang Strata Satu.

Pada semester 6 terdapat sebuah mata kuliah bernama “Kerja Praktik”. Sama dengan kampus-kampus lainnya, pada mata kuliah Kerja Praktik kami dituntut untuk mampu merasakan dan beradaptasi dengan dunia industri, dunia kerja! Kerja Praktik tersebut dilaksanakan kurang lebih 1 – 3 bulan. Karena jurusanku Sistem Informasi, topik yang kami bahas di jurusan ini dapat seputar perancangan sistem, penerapan sistem, tata kelola, dan masih banyak lagi yang pada intinya berkaitan dengan pemanfaatan teknologi informasi.

Bagi mereka yang baru pertama kali merasakan terjun di dunia industri maupun merasakan dunia kerja, mungkin Kerja Praktik merupakan hal yang “menakutkan”. Terlebih bagi mereka yang kurang memiliki skill di bidang pemrograman, paling tidak secara tidak langsung mereka akan “dipaksa” untuk belajar coding semenjak mengambil mata kuliah tersebut.

Beruntungnya pada Kerja Praktik 2016 ini aku mengambil topik tentang perancangan aplikasi Android. Studi kasus yang aku ambil berada di startup tempatku bekerja. Paling tidak hal inilah yang memudahkanku dalam menyelesaikan Kerja Praktik ini. Selain suasana kerja yang telah aku kenal, aku tidak perlu beradaptasi dengan lingkungan baru dan mengerjakan hal baru karena apa yang aku kerjakan merupakan topik dari Kerja Praktikku.

Sekilas tentang Kerja Praktik, mata kuliah ini merupakan syarat untuk mendapatkan gelar sarjana sebelum pada akhirnya kami dapat mengambil Tugas Akhir (TA).

Lulus dan jadilah Sarjana! Sesusah apapun meski harus berdarah-darah orang tuamu bangga melihat anaknya diwisuda dan menjadi Sarjana!

Kerja Praktik yang aku ambil berlangsung selama lebih dari satu bulan. Selama satu bulan aku harus menyelesaikan program dan laporan dari Kerja Praktik tersebut. Tantangan terberat dalam menyelesaikan Kerja Praktik ini adalah bagaimana mengatur waktu antara bekerja dan kuliah. Tapi lagi-lagi seperti yang orang katakan “kalau ada niat pasti selesai”. Dan memang benar walaupun harus menunda tidur selama beberapa hari dan merangkap beberapa pekerjaan pada akhirnya laporan tersebut berhasil aku selesaikan dengan baik.

Laporan Kerja Praktik Stikom Surabaya

Laporan Kerja Praktik Stikom Surabaya

Hah, menjadi mahasiswa merupakan hal paling keren! Kedepan aku akan segera menyusun proposal Tugas Akhir untuk gelar Sarjanaku! Doakan!

Oh ya terima kasih untuk semua pihak yang telah membantuku dalam menyelesaikan Kerja Praktik ini. Tanpa kalian aku gak iso opo-opo!

-26 Juni 2016, Proses Menjadi Sarjana

 

Bagikan artikel di :

Tulis Komentar

Komentar