dalam Ngeblog

Mencoba Menulis Kembali

Ngeblog mungkin bukan merupakan hal yang asing bagi saya, pasalnya dari kelas 1 SMP saya sudah mulai ngeblog dan membuat website kecil – kecilan. Hingga akhirnya saya mengikuti beberapa perlombaan terkait blog dan website. Dari saya SMP itu juga saya mempunyai cita – cita ingin mempunyai sebuah blog pribadi dengan desain minimalis, nggak perlu modal mahal asal saya dapat berbagi ilmu sepertinya sudah menjadi sebuah kepuasan tersendiri. Beberapa kesempatan saya lakukan untuk menulis di blog pribadi saya, nahasnya itu hanya berjalan beberapa bulan.

Ketika blog saya sudah mulai terindeks di google dan mendapatkan sitelinks dengan mudahnya saya tinggalkan blog tersebut. Bukan karena malas, tetapi karena dulu saya belum punya akses internet yang bebas. Setiap ide yang muncul tidak dapat tersalurkan dengan lancar karena saya harus pergi ke warnet dengan tarif yang dulunya Rp. 2500 / Jam. Hal itulah yang membuat ide yang ada terhalang untuk tersalurkan di dalam blog saya. Uang Rp. 2500 merupakan uang yang menurut saya begitu besar saat saya masih SMP. Saya aja ke sekolah hanya dikasih uang Rp. 2000 perhari, kalau dibuat ke warnet bisa nggak beli jajan saya nanti πŸ˜€

Hal ini juga sempat menjadi penghalang saya ketika saya mengikuti lomba blog tingkat kabupaten, saat persiapan perlombaan tersebut saya tidak memiliki laptop sama sekali. Bisa dibayangkan, mau ikut lomba tapi nggak punya sumber daya dalam hal ini adalah laptop dan internet ?

Saya pun tidak kehabisan akal, dulu waktu SMP saya adalah seorang penyiar radio di radio lokal tempat saya tinggal. Dengan meminjam laptop dari rekan saya penyiar, setiap harinya saya harus ke studio bukan untuk siaran (karena memang sudah dijadwalkan) tetapi untuk meminjam laptop rekan saya tersebut sekaligus numpang wifi di studio tempat saya siaran. Jadi setiap hari saya pergi ke studio setiap jam 3 sampai jam 6 hanya untuk meminjam laptop dan numpang wifi di studio tempat saya siaran.

Β Tapi hal tersebut tidaklah sia – sia, dengan bermodalkan laptop pinjaman serta wifi numpang saya berhasil mendapatkan peringkat 3 di ajang lomba blog JOTA – JOTI Tingkat Kabupaten.

Hal yang sama terulang kembali ketika saya telah duduk dibangku SMA Kelas XI, saat itu saya mengikuti lomba blog yang diadakan oleh Universitas Brawijaya Malang. Lagi – lagi saya harus meminjam laptop untuk mengikuti kegiatan tersebut. Dan akhirnya pengorbanan tersebut berbuah manis ketika saya dapat memboyong sebuah piala tingkat jawa timur ke SMA saya πŸ˜€

Yah itulah , hampir setiap lika – liku saya dalam menulis dan mengembangkan website / blog tidak pernah menggunakan sumber daya sendiri / pinjam.

Tapi kini, alhamdulillah saya sudah mempunyai sebuah laptop dan koneksi internet sendiri untuk bekerja dan kembali menulis artikel / tutorial di blog saya ini. Semoga apa yang nantinya saya bagikan dapat bermanfaat bagi kawan – kawan semua πŸ˜€

Jangan lupa follow blog saya untuk mendapatkan informasi / artikel terupdate. Terima Kasih πŸ™‚

Bagikan artikel di :

Tulis Komentar

Komentar