dalam Ngeblog

Siapa yang tak kenal mesin pencarian nomor 1 bernama Google. Ya, google menawarkan fasilitas pencarian yang banyak digunakan oleh pengguna internet jaman sekarang. Hampir tiap tahun google melakukan perubahan algoritma atau pola kerja untuk menghasilkan sebuah result  yang relevan dengan apa yang dicari oleh para pengguna internet.

Tak jarang perubahan algoritma ini memaksa mereka yang mempunyai website atau blog untuk menyesuaikan diri dengan algoritma yang dimiliki oleh google termasuk saya 😀 . Mulai tanggal 21 April 2015, google melakukan penambahan algoritma baru yang diklaim lebih mobile friendly.

Algoritma ini (Google Mobile-Friendliness) diciptakan untuk mempermudah pengguna internet mencari apapun melalui mobile devicenya. Tentunya hasil yang ditampilkan adalah hasil yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan serta website atau blog yang memiliki tampilan responsive atau mobile friendly. Jadi bagi rekan – rekan yang mungkin saat ini website atau blognya masih belum mendukung fitur responsive web bisa melakukan perubahan pada tampilannya agar tetap bertahan di pencarian google ini.

Google juga menawarkan fitur di Google Webmaster Tools untuk mengecek apakah website atau blog kita sudah mobile friendly dan mendukung algoritma google ini. Caranya cukup mudah, rekan – rekan hanya perlu mengunjungi alamat : https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/ kemudian masukkan alamat website atau blog yang ingin Anda cek.

Google mobile-friendliness

Google mobile-friendliness

Jika muncul tulisan Awesome! This page is mobile-friendly dan selamat ini berarti website atau blog kamu mendukung algoritma google mobile-friendliness dengan tampilan yang mobile-friendly.

Jangan khawatir bagi rekan – rekan yang belum mendapatkan hasil seperti diatas, pasalnya google akan memberikan saran untuk website atau blog anda untuk lebih baik kedepannya. Selain itu google juga memberikan panduan seputar mobile-friendly yang bisa dipelajari disini.

Nah rekan – rekan juga dapat melihat tampilan responsive dari web / blog menggunakan firefox developer atau juga bisa menggunakan chrome versi terbaru dengan memanfaatkan developer tools yang telah tersedia di dalamnya atau jika menginginkan versi online rekan – rekan dapat menggunakan tools Mobile Phone Emulator.

Banyak manfaat dari perubahan algoritma ini, salah satunya bagi pengguna internet yang notabene sekarang lebih memanfaatkan mobile devicenya untuk berselancar di internet hasil yang ditampilkan akan lebih spesifik dan tentunya mudah dibaca. Dari sisi webmaster ataupun pemilik situs akan mendapatkan kenaikan ranking terkait keyword yang ada.

Sebenarnya masih banyak faktor yang menjadikan web / blog Anda dapat terus bertahan di pencarian google salah satunya adalah algoritma terbaru ini.

Mungkin sekian dulu bahasan yang dapat saya sampaikan semoga dapat bermanfaat. 😎

Stay Focus and Productive!

 

Bagikan artikel di :

Tulis Komentar

0 Komentar

Webmentions