dalam Cerita, Kuliah, Ngeblog

Sempat beberapa saat yang lalu di kampusku tepatnya di Stikom Surabaya mengadakan pelatihan untuk mahasiswa baru. Pelatihan ini lebih berfokus pada bagaimana menggunakan Google Apps for Education dalam menunjang kegiatan perkuliahan. Karena memang target peserta dari pelatihan tersebut adalah mahasiswa baru maka pelatihan tersebut wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru.

Seperti tahun-tahun sebelumnya kegiatan tersebut dilaksanakan bertepatan dengan acara Orientasi Kehidupan dan Kampus (OKK), bisa dibilang ini merupakan rangkaian acara OKK dimana bertujuan untuk memperkenalkan kehidupan kampus salah satunya yaitu penggunaan Google Apps for Education dan Brilian. Pelatihan GAFE diadakan selama dua hari, sedangkan untuk Brilian diadakan selama satu hari dengan dibagi menjadi tiga shift.

Oh ya dalam pelatihan ini juga terdapat Trainer dan Asisten Trainer yang bertugas mendampingi peserta pelatihan. Nah Trainer dan Asisten Trainer tersebut merupakan teman-teman pengurus dari Linux User Group (LUG) Stikom Surabaya. Pelatihan yang dilaksanakan di Laboratorium Komputer Stikom Surabaya tersebut lumayan menarik apalagi disampaikan oleh Trainer dan Asisten Trainer yang telah berpengalaman dalam penggunaan Google Apps for Education dan Brilian.

Sekilas tentang Google Apps for Education atau bisa disingkat GAFE. GAFE merupakan sebuah product yang diluncurkan oleh Google untuk dunia pendidikan dalam hal ini karena Stikom Surabaya merupakan sebuah perguruan tinggi bisa kita persempit bahwasanya perguruan tinggi bisa menggunakan GAFE tersebut.

Lantas apa yang membedakan GAFE dengan aplikasi Google lainnya ?

Trainer Menjelaskan Penggunaan GAFE & Brilian

Trainer Menjelaskan Penggunaan GAFE & Brilian

Mungkin bagi kamu pengguna Google dan sempat mencoba GAFE tidak akan terlalu terlihat perbedaan yang signifikan terlebih dari sisi fitur. Salah satu fitur yang tidak ada di Google biasa adalah appointment pada Google Calendar. Pada GAFE terdapat fitur tersebut sedangkan pada Google biasa sepertinya tidak ada.

Dan selain itu juga terdapat fitur laporan pengiriman email dimana pengirim email akan mendapatkan pemberitahuan bahwa email yang dikirim telah dibaca oleh penerima email. Secara pasti aku belum pernah mencoba fitur tersebut seperti apa. Akan tetapi karena aku juga menggunakan Google Apps for Work untuk emailku me@andhika.id dan benar saja fitur tersebut ada di GAFE dan Google Apps for Work. Sedangkan pada Google baisa sepertinya fitur tersebut belum tersedia.

Selain itu pada sisi penyimpanan Google Drive, GAFE lebih leluasa untuk melakukan penyimpanan berbasis awan. Sebagai contoh akun untuk emailku andhika@stikom.edu. Kapasitas Google Drive yang dimiliki adalah UNLIMITED, bisa kebayang bukan betapa leluasanya kita menggunakan aplikasi Google Drive tersebut terlebih bagi kamu yang sering melakukan backup untuk pekerjaan atau tugas-tugas lainnya.

Untuk dapat mengakses Google Apps for Education, mahasiswa dapat menggunakan aplikasi Single Sign On (SSO) yang beralamatkan di stikomapps.stikom.edu. Cukup memasukkan NIM/NIK dan PIN selanjutnya seluruh aplikasi baik aplikasi GAFE, Brilian maupun segala jenis aplikasi dari Stikom Surabaya dapat diakses dengan login tunggal tersebut. Mudah bukan ? 😎

Brilian Hybrid Learning

 

Brilian Hybrid Learning Stikom Surabaya

Brilian Hybrid Learning Stikom Surabaya

Nah selain GAFE juga terdapat Brilian. Brilian merupakan aplikasi hybrid learning yang dibuat oleh Stikom Surabaya dalam memudahkan proses perkuliahan. Aplikasi Brilian juga memanfaatkan GAFE seperti Google Drive, Google Calendar, Google Mail, Google Hangout dan aplikasi Google lainnya. Brilian berisi beberapa fitur seperti pengumuman terkait perkuliahan, pengumpulan tugas, refrensi perkuliahan, anti plagiat, forum, dll.

Antusiasme Peserta Pelatihan

Antusiasme Peserta Pelatihan

Jadi selain bertatap muka di kelas dosen dan mahasiswa dapat saling berinteraksi melalui Brilian bahkan kegiatan perkuliahan dapat dilakukan dengan menggunakan Brilian. Bagaimana ? Semakin mudah bukan ? 😎

Featured Image : https://www.cirrusinsight.com

Bagikan artikel di :

Tulis Komentar

Komentar