dalam Cerita, Ngeblog

Sudah agak lama sebenarnya aku ingin menulis artikel tentang puntung rokok yang cantik nan rupawan ini. Bukan apa – apa, karena hampir tiap hari aku melihat orang yang membuang barang berharga ini. Benar! Hampir tiap hari aku melihatnya dan yang paling aku benci adalah ketika melihat orang membuang puntung rokok di jalan raya.

Sampai sekarang aku bukan orang yang menolak keras seseorang untuk tidak merokok. Bukan! Asalkan perokok tersebut mengerti situasi dan kondisi selama itu juga aku tidak menegur orang tersebut. Contoh saja ketika di jalan aku sering melihat pengendara kendaraan bermotor merokok sambil menyetir. Apa yang salah ? Mungkin bagi si perokok nggak begitu masalah. Tapi bagi pengguna jalan lainnya ? Abu rokok yang dibuang di jalan baik disengaja maupun tidak disengaja yang terkadang sangat mengganggu apalagi masih ada percikan bara abunya menjadi hal yang sangat menjengkelkan, pernah beberapa kali abu tersebut mengenaiku saat berkendara dan untunglah aku menutup kaca helmku. Yang paling menjengkelkan adalah perokok yang membuang puntungnya sembarang tempat waktu menyetir. Ya, dan otomatis “kami” pengendara lainnya harus siap sigap untuk menghindari puntung rokok tersebut agar tidak mengenai kendaraan atau diri kami sendiri.

Bukan masalah yang sangat besar sebenarnya kejadian tersebut jika dibandingkan dengan isu terbaru negeri ini soal papa minta saham. Tapi, berapa orang yang merasa terganggu seperti aku dengan keadaan ini ?

Artikel ini aku tujukan untuk kamu semua, Ya bagi kamu yang mungkin memiliki hobi merokok dan pengendara jalan maupun masyarakat luas yang merasa terganggu dengan keadaan ini. Lalu kenapa kamu tidak boleh membuang puntung rokokmu di sembarang tempat ?

Oh ya artikel ini aku dapat dari thread Kaskus [FULL PICS BB+++] Yang Suka Buang Puntung Rokok Sembarangan Masuk..!!!! yang diposting oleh juragan uklunk 🙂

Putung Rokok Memberi “Mereka” Makan

bahaya merokokYa, puntung rokok yang sering kamu buang di jalan menjadi sarapan mereka. Daging ayam yang keluarga, anak, teman atau bahkan dirimu sendiri makan bisa jadi mengandung bahan kimia berbahaya. Filter dari puntung rokok yang dibuang sembarangan sering dianggap makanan oleh banyak hewan. Filter rokok yang dibuang sembarangan ini pastinya bisa menularkan limbah beracun bagi manusia melalui proses konsumsi daging hewan yang memakan puntung rokok tersebut. Tak tanggung – tanggung bahan kimia yang terkandung seperti amonia dan cadmium.

Puntung Rokok Meracuni Air

Bahaya Putung Rokok Daging ikan yang kita makan tiap hari juga rawan tercemar bahan kimia berbahaya.
Sekali lagi, filter dari puntung rokok yang dibuang sembarangan sering disalah artikan oleh banyak hewan sebagai sumber makanan. Bahan kimia berbahaya yang berasal dari puntung rokok yang terurai di air memiliki konsentrasi lebih dari 0.125 puntung per liter, atau sekitar 1 puntung rokok per setiap 2 galon air yang ada di bumi ini. Ikan hidup di air, ikan minum air, manusia minum air, manusia makan ikan. Jadi pertanyaannya, berapa banyak puntung rokok yang gak secara langsung sudah kita makan selama ini?

Puntung Rokok Susah Terurai

Puntung Rokok Susah Terurai

Sekitar 98% filter rokok diproses dengan substansi yang dikenal dengan “selulosa asetat”, suatu bentuk dari plastik yang masih akan terus mengendap di bumi ini jauh setelah kita mati nanti. Filter dari puntung rokok ini jelas sangat meracuni sumber air bumi, termasuk juga sumber air yang mengalir ke rumah kita. Selain plastik, bahan kimia berbahaya yang terkandung di puntung rokok salah satunya adalah toluene, yang biasa dipakai sebagai bahan campuran bensin, juga formaldehyde, yang lazim digunakan sebagai bahan pengawet mayat.

Puntung Rokok Ikut “Membunuh” Anak Cucu Kita

4

Filter dari puntung rokok yang dibuang sembarangan sering disalah artikan oleh banyak hewan sebagai sumber makanan. Puntung rokok tersebut bisa tersapu oleh hujan dan bisa berakhir dimana-mana, bahkan sampai ke laut. Dan apabila konsumsi rokok di dunia ini di total setiap tahunnya, cukup untuk menciptakan limbah sebanyak lebih dari 4 triliun puntung rokok. Dan bila dibiarkan, dalam waktu kurang dari satu dekade, hampir seperlima dari sumber air di bumi ini akan terkontaminasi.

Kesimpulan

Kesimpulannya sih simpel. Kalau kamu ingin dihargai dan tidak mengganggu ketenangan orang disekitarmu. Sekali lagi, please jangan buang puntung rokokmu di sembarang tempat. Kalau nggak bisa buang, ya simpen aja di saku celana atau bajumu atau kamu masukin lagi ke bungkus rokokmu.

Oh ya, bagi pengendara mobil. Sekali – kali beli asbak rokok ya. Aku pernah denger keluhan serupa melalui radio di kotaku. Si pendengar tersebut mengatakan “Tuku mobil ae iso, mosok tuku tempat sampah gak iso” yang artinya “Beli mobil saja bisa, masa beli tempat sampah nggak bisa”. Dan jika saran di atas nggak bisa kamu penuhi, mungkin gambar dibawah ini sebagai solusi terakhir. Salam 🙂

Puntung Rokok

Bagikan artikel di :

Tulis Komentar

Komentar

Webmentions

  • Andhika Maheva Wicaksono | Tulisan Mahasiswa Biasa

    […] Please.. Jangan Buang Puntung Rokokmu Di Sembarang Tempat! […]