dalam Kuliah

Setelah menempuh beberapa bulan yang sangat berat untuk melalui semester 6 pada akhirnya semester 6 pun berlalu dengan mulus. Sudah seperti lagu saja yang liriknya ‘Badai Pasti Berlalu’ tapi ini bukan badai melainkan kewajiban yang harus dijalankan dan dilaksanakan sebaik mungkin! 😀

Bisa dibilang meskipun ditengah banyak kesibukan, berbagai masalah kehidupan, dan sempat juga beberapa kali bolos sampai ‘batas jatah bolos’ habis namun kuliahku dapat selesai, Alhamdulillah. Oh ya, dikampusku sendiri memiliki syarat untuk mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) dan juga Ujian Akhir Semester (UAS) selain melunasi tunggakan pembayaran SPP yaitu memenuhi minimal kehadiran. Karena dalam satu semester tiap mata kuliah terdapat 14 minggu atau 14 kali perkuliahan maka paling tidak tiap Mahasiswa harus hadir selama 75% atau 11 kali pertemuan. Diluar batasan tersebut maka Mahasiswa tidak dapat mengikuti UTS ataupun UAS!

Untuk semester 6 kemarin pun hanya ada satu mata kuliah yang kehadiranku mencapai 100% bahkan ada satu mata kuliah yang kehadiranku pas 75%! Keren bukan ?

Ya, walaupun pada semester 6 kemarin IPS sempat turun 0.1 dan IPK naik 0.1 karena terdapat salah satu mata kuliah yang mendapat nilai B. Kalau dilihat memang kesalahanku juga sih tidak hadir di waktu dosen mengadakan kuis dadakan, ikhlaskan Dhik!

Seperti yang aku bilang sebelumnya bahwa semester 6 sudah kulalui bersama teman-teman seperjuangan. Kini saatnya menginjak semester 7. Lalu bagaimana jalan cerita di semester 7 ? Mari kita simak bersama-sama.

12 SKS

Ya, di semester 7 ini aku hanya menempuh 12 SKS yang didalamnya terdapat mata kuliah wajib. Jadi, dikampusku ada dua jenis mata kuliah yaitu mata kuliah wajib dan pilihan. Untuk mata kuliah wajib merupakan mata kuliah yang harus ditempuh, tidak boleh tidak. Sedangkan mata kuliah pilihan gampangnya seperti mata kuliah peminatan, walaupun namanya mata kuliah pilihan tiap Mahasiswa paling tidak harus menempuh 4 mata kuliah pilihan untuk memenuhi total SKS yaitu 144 SKS untuk Strata Satu. Oke, jadi semester ini aku hanya mengambil 12 SKS yaitu : Manajemen Layanan Teknologi Informasi, Pengujian Aplikasi, Perencanaan Strategis Teknologi Informasi, dan yang terakhir Arsitektur Enterprise.

Semester 7 atau semester gasal ini juga merupakan semester peralihan dari kurikulum lama ke kurikulum baru yang lebih disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja dan teknologi yang ada. Sehingga terdapat beberapa perubahan di histori mata kuliah yang telah aku ambil. Kerennya lagi ada mata kuliah Pemrograman Mobile, sayangnya aku tidak dapat mengambil mata kuliah tersebut dikarenakan statusku telah pernah menempuh mata kuliah tersebut karena adanya konversi.

1 Hari 2 Mata Kuliah

Ini yang sebenarnya menjadi dilema untukku sendiri. Kalau dulu sih rasanya kuliah tiap hari merupakan kegiatan yang sangat melelahkan dan menguras pikiran, uang, serta perasaan. Tapi kini, dalam seminggu mungkin aku hanya masuk tiga hari yang di tiap harinya paling banyak terdapat dua mata kuliah yang harus aku hadiri. Sempat juga sih merasa pengen kembali ke semester-semester awal yang tiap hari bisa kuliah dan bertemu dengan teman-temanku, pengen aja. 😀

TUGAS AKHIR

Ini yang menarik! Di semester ini aku mengambil mata kuliah Tugas Akhir.

Tugas Akhir merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk membahas, membekali Mahasiswa dengan pengalaman mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh selama studi, melalui kegiatan analisis, perancangan, dan implementasi sistem yang kemudian dituangkan dalam bentuk karya ilmiah

—Buku Silabi dan Kurikulum S1 Sistem Informasi Tahun 2016, Stikom Surabaya

Karena aku merupakan Mahasiswa Strata Satu, sewajarnya mata kuliah Tugas Akhir (TA) ini dapat diambil di semester 8, akan tetapi jika Mahasiswa memenuhi syarat TA maka mata kuliah tersebut dapat diambil lebih awal. Ya, karena beberapa mata kuliah prasyarat telah aku tempuh maka aku berhak mengambil TA di semester 7.

Dari awal memang aku sebenarnya ingin mengambil TA di semester 7, karena lulus lebih cepat berarti kita tidak dibebani lagi dengan biaya kuliah selain itu lulus lebih cepat menjadikan kita juga lebih cepat untuk terjun dan mengaplikasikan ilmu yang didapat di dunia kerja.

Mengerjakan Proposal Tugas Akhir, @Milk Me Surabaya

Mengerjakan Proposal Tugas Akhir, @Milk Me Surabaya

Di kampusku sendiri untuk TA terdapat dua dosen pembimbing, nah dosen pembimbing ini dipilih langsung oleh Mahasiswa. Pemilihan dosen pembimbing tentunya berkaitan dengan topik yang diambil. Untuk Tugas Akhirku, awalnya terdapat beberapa topik yang disarankan oleh dosen pembimbing dan beberapa dosen lainnya. Namun pada akhirnya aku mengambil topik tentang perancangan aplikasi mobile. Ya, selain aku memang gemar pada dunia pengembangan perangkat lunak, aplikasi mobile sepertinya juga menarik untuk dipelajari.

Sampai saat ini Tugas Akhirku telah sampai pada perancangan proposal. Ya, doakan lancar dan semoga aku dapat wisuda tepat pada bulan April 2017. Amin!

Oh ya, beberapa progress mengenai Tugas Akhirku juga aku bahas di twitter ku @andhikamaheva dengan hastag #CeritaTA. Harapannya sih simple, selain untuk logging dari progress TA yang sedang aku jalankan. Paling tidak ada media curhat dan berbagi mengenai TA yang sedang aku jalani.

Yuk, buruan lulus! Semakin kamu menunda Tugas Akhir, semakin kamu menunda waktumu untuk menikah #eh 😛

Bagikan artikel di :

Tulis Komentar

Komentar