dalam Ngeblog

Pada tanggal 23 April 2015 Ubuntu yang dibawah perusahaan Canonical Ltd. mengeluarkan versi terbaru dari ubuntu. Ya, versi terbaru ini memiliki nama Ubuntu 15.04 Vivid Vervet.

Setelah sebelumnya ubuntu juga mengeluarkan beberapa update terkait distro linux yang paling banyak dicari ini. Berikut ini tabel dari versi – versi ubuntu yang masih tergolong baru keluar dan masih di support untuk updatenya :

Ubuntu 15.04. Vivid Vervet

Update Ubuntu 15.04. Vivid Vervet

Dari beberapa versi diatas masih disupport oleh Canonical hal ini terkait dari performa yang ada. Nah di artikel sebelumnya Beralih Menjadi Ubuntu 14.04.1 LTS tentang penggunaan ubuntu versi 14.04 LTS yang merupakan versi ubuntu dimana versi ini merupakan versi LTS (Long Term Support) dengan support update sampai dengan kurang lebih 5 Tahun.

Sedangkan pada versi ubuntu terbaru yaitu Ubuntu 15.04 Vivid Vervet tidak membawa versi LTSnya. Jadi untuk versi ini hanya diberikan support update hanya sekitar 9 Bulan setelah rilisnya. Jadi bagi rekan – rekan yang akan melakukan installasi ataupun melakukan upgrade bisa dijadikan pertimbangan kembali terkait hal ini.

Kalau untuk saya sendiri sampai saat ini masih menggunakan Ubuntu 14.04 LTS selain karena updatenya yang di support sampai 5 Tahun juga karena faktor upgrade ke Ubuntu 15.05 Vivid Vervet tidak ada dalam bentuk offline jadi harus dilakukan upgrade secara online atau terhubung langsung dengan internet.

Nah di ubuntu versi terbaru ini terdapat beberapa perubahan dan penambahan antara lain :

1. Updated Packages

Seperti halnya dengan setiap rilis baru, paket – aplikasi dan perangkat lunak dari semua jenis – sedang diperbarui dengan pesat. Banyak dari paket ini berasal dari sinkronisasi otomatis dari cabang Debian tidak stabil lainnya telah secara eksplisit ditarik untuk Ubuntu 15,04.

2. Systemd

Perubahan utama di Ubuntu 15.04 adalah pengenalan sistem init systemd pada saat boot.

Ini adalah perangkat lunak yang menginisialisasi (maka diberi nama ‘init’) pertama ketika booting, dan menangani pemuatan berbagai modul dan proses latar belakang yang membuat banyak dari sistem operasi komputer modern melakukan apa yang perlu.

Ubuntu sebelumnya menggunakan Upstart pada saat boot. Ketika Debian, distribusi Linux Ubuntu yang dibangun di atas, memilih untuk mengadopsi systemd Ubuntu dimengerti jatuh sejalan.

Upstart tersedia di 15,04. Ini termasuk sebagai fallback di GRUB dan digunakan untuk mengendalikan sesi pengguna.

Manfaat (atau ketiadaan) dari saklar sebagian besar diperdebatkan untuk  berpikiran kurang teknis. Ada kemungkinan bahwa beberapa penggunaan akan melihat sedikit perubahan dalam kecepatan boot tergantung pada konfigurasi mereka.

3. Unity 7.3

Unity Desktop Environment yang digunakan secara default dalam Ubuntu 15.04 menerima beberapa perbaikan kecil, yang sebagian besar bertujuan untuk memperbaiki bug atau kesalahan dalam versi sebelumnya.

Misalnya, menu aplikasi sekarang dapat diatur untuk mode ‘Always Show’.

Ya, Anda tidak lagi harus mendorong mouse Anda ke bagian atas layar untuk menunjukkan ‘File’, ‘Edit’, ‘Bantuan’, dll jika Anda tidak ingin.

Jika Anda lebih suka untuk menjadikan menu aplikasi tersedia di dalam jendela aplikasi, Anda dapat menggunakan toggle melalui System Settings > Appearance > Behaviour untuk mengatur hal-hal bagaimana Anda suka.

Menu terintegrasi secara lokal ini diperkenalkan pada 14.10, juga mendukung mode ‘Always Show’ fitur dan muncul di mouseover jendela yang tidak fokus.

Perbaikan lainnya untuk Unity di Vervet Vivid termasuk untuk memperbaiki menunjukkan elemen overlay (HUD, Dash, dll) atas jendela fullscreen dan penyesuaian kecil untuk kecepatan login dan logout animasi.

4. Compiz 0.9.12

5. Ubuntu Linux Kernel 3.19

Pada versi ubuntu terbaru ini mengusung Linux Kernel yaitu versi 3.19.

6. Application Updates

Anda juga akan menemukan banyak versi terperbarui di aplikasi default Ubuntu, termasuk yang terbaru Firefox web browser dan Thunderbird e-mail client, versi baru dari pemutar musik Rhythmbox ditambah pemutar video Totem sepenuhnya dirubah. Beberapa update aplikasi Ubuntu :

  • LibreOffice 4.4
  • Firefox 37
  • Thunderbird 31.6
  • Shotwell 0.20.2
  • Nautilus 3.14.2
  • Evince 3.14.2
  • Rhythmbox 3.1
  • Totem 3.14.1
  • GNOME Terminal 3.14

7. New Default Wallpaper

Nah di versi ini juga memiliki beberapa default wallpaper yang dapat Anda gunakan.

Tentunya masih banyak update yang tersedia dalam versi ini yang akan Anda dapatkan. Untuk versi ini sendiri rekan – rekan dapat mengunduhnya melalui situs ubuntu.com 

refrensi :

  • https://wiki.ubuntu.com/VividVervet/ReleaseNotes
  • http://www.omgubuntu.co.uk/2015/04/ubuntu-15-04-download-new-features
Bagikan artikel di :

Tulis Komentar

Komentar